"Laboratorium Pengembangan Motorik AUD" mengacu pada fasilitas atau lingkungan tempat anak usia dini dapat berlatih dan mengembangkan keterampilan fisik motoriknya, yang mencakup motorik kasar (gerakan otot besar seperti berlari dan melompat) dan motorik halus (gerakan otot kecil seperti menggunting dan memegang objek).
Komponen dan Aktivitas dalam Laboratorium Pengembangan Motorik:
Motorik Kasar:
Melibatkan aktivitas seperti berlari, menendang bola, melompat, berjalan di garis atau papan, dan permainan di luar ruangan seperti perosotan atau menaiki tangga.
Motorik Halus:
Melibatkan aktivitas yang menggunakan otot kecil dan koordinasi mata-tangan, seperti menggunting kertas, memegang garpu, menuang air, melukis, menggambar, membentuk tanah liat, atau mengikat tali sepatu.
Manfaat dan Tujuan:
Mencapai Tumbuh Kembang Anak:
Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani, dan kesehatan anak usia dini, serta membentuk tubuh yang kuat.
Mengembangkan Keterampilan:
Membantu anak mengembangkan keterampilan fisik melalui berbagai permainan dan latihan yang sesuai dengan tahap perkembangannya.
Praktik untuk Mahasiswa:
Laboratorium ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mempraktekkan metode pengajaran, membuat media pembelajaran dan Alat Permainan Edukatif (APE), serta mengobservasi tumbuh kembang anak.
Contoh Fasilitas dan Alat:
Alat Peraga Edukatif (APE): Berbagai alat permainan seperti balok, alat musik, dan properti tari.
Area Bermain: Ruang untuk berlatih motorik kasar seperti area trampolin, bowling, atau area untuk melatih keseimbangan.
Ruangan Kreativitas: Area seperti bengkel kerja atau ruang seni yang dilengkapi alat dan bahan untuk kegiatan motorik halus seperti melukis atau bermain adonan.